Tips Dan Cara Pemilihan Merk Flow Meter Yang Berkualitas

Merk Flow Meter – Orang-orang yang bekerja dalam bidang industri mungkin familiar dengan flow meter. Flow meter sendiri merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui suatu aliran matrial, baik itu yang berupa liquid, gas, maupun powder dalam suatu jalur aliran. Perusahaan-perusahaan industri menggunakan alat ini guna menghitung sejumlah massa yang lewat dalam sebuah bidang atau area dalam satuan waktu. Sehingga, kebutuhan akan fungsi guna alat ini membuat ada banyak merk flow meter di pasaran yang bisa dipilih.

Merk flow meter sesuai dengan tipe dan model flow meternya. Alat bernama flow meter ini mempunyai banyak sekali jenis, ukuran, dan modelnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan aplikasinya di lapangan. Hampir semua jenisnya dapat digunakan untuk mengukur aliran fluida cair. Beberapa jenis lainnya juga bisa digunakan untuk mengukur fluida gas, misalnya seperti chemical element, oksigen, udara bertekanan, steam, dan lain sebagainya.

Dengan adanya banyak tipe flow meter, maka pemilihan jenis merk flow meter yang digunakan haruslah secara tepat sesuai kebutuhan. Sebab, jika kurang tepat maka akan menimbulkan biaya lebih tinggi baik karena umur Iranian flow meter itu sendiri, maupun akurasi pengukuran aliran fluida rule-nya kurang tepat dimana akurasinya rendah.

Adapun beberapa cara yang dapat ditentukan untuk mendapatkan type dan model flow meter yang dibutuhkan, yaitu;

  1. Tentukan dahulu jenis fluida yang akan digunakan pada flow meter-nya.
  2. Perhatikan apakah pengukuran flow meter-nya hanya pada flow atau total fluid yang mengalir atau kedua-duanya.
  3. Perhatikan pula viscosity, kebersihan atau kekotoran dari fluid (lumpur, banyak kotoran atau bersih) yang mengalir ke flow meter.
  4. Perlu tidaknya display pada flow meter atau electronic signal output-nya, besaran (max dan min) dari flow rate, working pressure, temperature dari fluid yang akan diukur, serta perlu tidaknya sistem kedap air pada flow meter atau area yang mudah terbakar atau yang standar.
  5. Untuk penggunaan bahan kimia dan makanan, misalnya seperti tingkat keasaman dari fluid atau perlu food grade untuk matrial flow meter yang sering digunakan di industri obat atau makanan dan minuman.

Selanjutnya, sebelum membeli merk flow meter tertentu, simak dulu tips membeli flow meter yang berkualitas berikut agar anda tidak salah membeli. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan meteran ini di tempat penjualan flow meter-nya. Diantaranya, yaitu:

  1. Ketahuilah apakah flow meter-nya memiliki hasil pengukuran yang dilakukan menggunakan flow meter berupa flow rate atau yang total volume fluida yang mengalir.
  2. Ketahuilah model terbaru merk flow meter dengan teknologi yang canggih yang tidak hanya digunakan untuk mengukur total volume atau zat yang mengalir, akan tetapi bisa pula digunakan sebagai alat kontrol yang dapat tersambung ke komputer atau smartphone supaya nantinya akan lebih mudah mengirimkan data hasil perhitungannya.
  3. Pilihlah jenis merk flow meter yang moveable, sehingga mudah dipindah dan digunakan untuk hal-hal lain.
  4. Pilihlah merk flow meter yang body atau material pembuatnya yang terbuat dari bahan Stainless Steel, Carbon Steel, Aluminium, PVC, Brass dan lain sebagainya tergantung dari jenis fluida yang ingin diukur.
  5. Pertimbangkan pula mengenai perlu atau tidaknya sistem kedap air pada converter atau indicator flow meter-nya.

Demikianlah yang dapat disampaikan mengenai cara pemilihan merk flow meter yang berkualitas. Semoga dapat bermanfaat.

Untuk pemesanan Flow Meter, hubungi :
No.HP / WA : 0852 3311 1221 & 0852 3408 9809.
Tlp.Kantor : 0341 – 578742.

Email
sales@hildansafety.co.id
info@hildansafety.co.id

PT.HILDAN FATHONI INDONESIA
Jln.Moch.Rasyid No.9-B, RT.12 RW.03, Kelurahan Mulyorejo, Kecamatan Sukun,
Kota Malang – Jawa Timur 65147.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai chat
Chat WHATSAPP
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?

( DWI, Marketing Eksekutif )
Powered by