Fungsi Water Meter

Fungsi Water Meter – Jika kalian suatu ketika mendapati tagihan air bulanan untuk tempat tinggal pribadi kalian, maka pemakaian air biasanya akan termonitor oleh meteran air  yang biasanya disebut dengan water meter. Water meter atau meteran air ini merupakan sebuah alat sederhana yang berlokasi di sumber air utama dan pada sebuah properti yang mana mengalirkan volume air lewat setiap harinya. Nantinya volume tersebut akan terbaca oleh kotamadya kalian guna menghitungkan tagihan air yang kalian gunakan.

Dalam hal ini kalian juga masih bisa menghitungnya sendiri. Untuk bisa membaca water meter sendiri tentu kalian juga butuh ilmunya. Caranya cukup sederhana, kalian bisa ikuti cara berikut untuk bisa membaca water meter sendiri supaya bisa mengerti tingkat konsumsi air kalian sendiri. Berikut caranya, yakni:

  1. Temukan water meter atau meteran air.

Langkah pertama yang harus kalian lakukan yakni dengan menemukan terlebih dahulu meteran air kalian dimana. Apabila kalian tinggal dalam sebuah rumah di kota kecil atau perumahan, bisa jadi kotak meteran kalian berada di bagian depan properti kalian yang ada di dekat jalanan. Fungsi water meter sangatlah penting untuk menentukan jumlah tagihan, untuk itu keberadaan water meter mungkin akan ditempatkan di kotak konkrit depan halaman yang biasanya akan bertuliskan “air”. Apabila kalian tinggal di sebuah apartemen atau kondominium, maka untuk water meter biasanya akan ditempatkan di ruangan tunggal seperti gudang di lantai bawah tanah ataupun lantai dasar, bisa juga berada di luar bangunan. Apabila tagihan air kalian termasuk biaya sewa ataupun kontrak, maka untuk seluruh bangunan akan menggunakan satu meteran air saja.

  1. Bukalah penutup water meter atau meteran air apabila memungkinkan.

Apabila water meter atau meteran air ditempatkan di kotak konkrit, maka untuk penutupnya seharusnya punya beberapa lubang kecil yang ada di atasnya. Untuk itu, kalian bisa menggunakan obeng untuk dimasukan di salah satu lubang serta tusuk penutupnya hingga lubang tersebut cukup untuk jari kalian bisa masuk di ujungnya. Setelah itu, kalian bisa angkat penutupnya dan meletakkan ke samping.

  1. Angkatlah penutup meteran apabila memungkinkan.

Cara ketiga supaya kalian bisa membaca water meter yakni dengan mencoba mengangkat penutup pada water meter apabila memungkinkan. Wtaer meter hampir dimiliki oleh setiap bangunan komersil sehingga penting sekali untuk merawatnya agar fungsi water meter bisa terus terpelihara guna mengetahui jumlah air yang dihabiskan setiap bulannya. Biasanya untuk beberapa meteran punya penutup besi berat yang ada di atasnya guna melindunginya dari kerusakkan. Untuk itu, kalian bisa coba untuk mengangkat penutup tersebut guna mengekspos angkanya.

  1. Tentukanlah volume air yang kalian gunakan.

Langkah selanjutnya kalian bisa menentukan volume air yang kalian telah gunakan. Pada permukaan water meter, kalian akan melihat sederet angka. Nah, angka tersebut biasanya akan mewakili volume air yang telah kalian gunakan hingga terakhir meteran di ulang. Untuk satuan perhitungan tersebut akan ditunjukan di permukaan meteran. Satuannya biasanya menggunakan “galon atau kaki kubik” khusus untuk Amerika Serikat dan “liter” untuk banyak negara lain.

  1. Tentukanlah jumlah air yang kalian gunakan.

Nah, agar kalian lebih mudah baca water meter sehingga kalian bisa tentukan jumlah air yang dipakai dan menghematnya, kalian bisa mencatat pemakaian air kalian. Kalian bisa tuliskan angka pada meteran. Kalian bisa beri jarak waktu misalnya seharian atau seminggu. Dengan mencatat kalian bisa mencocokan dengan angka dalam tagihan kalian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mulai chat
Chat WHATSAPP
Halo...
Ada yang bisa kami bantu?

( DWI, Marketing Eksekutif )
Powered by